KBO Satlantas Polres Soppeng : Tertib Berlalulintas Kunci Mengurangi Lakalantas

    Dibaca 165 kali

 

Reporter : Amiruddin Baringeng

WATANSOPPENG, LATEMMAMALA.COM; -- Operasi Zebra yang dilaksanakan tanggal 01 sampai 14 November 2017 mendatang ini bukan untuk mencari kesalahan pengendara, namun untuk memberikan edukasi bahwa tertib berlalu lintas itu adalah kunci untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, ungkap KBO Satlantas Polres Soppeng Ipda Muyassir Munir.

Operasi Zebra ini berlangsung di seluruh Indonesia. Di Soppeng misalnya, operasi seperti ini juga digelar salah satunya, berlangsung di Jl. Kemakmuran Watansoppeng Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng, Senin 6/11/17, sore oleh Sat Lantas Polres Soppeng dipimpin KBO Sat Lantas Ipda Muyassir Munir.

Dengan operasi ini, Satlantas Polres Soppeng juga telah memberi himbauan melalui sosialisasi kepada masyarakat baik di media maupun tatap muka, agar seluruh lapisan masyarakat di Soppeng tertib berkendara dijalan, menggunakan helm SNI, pasang sabuk pengaman bagi pengendara mobil, tidak parkir sembarangan dan melengkapi surat kendaraan.

Dalam pelaksanaan operasi Zebra ini Polres Soppeng juga melibatkan Propam dalam hal pengawasan selama pelaksanaan operasi, yang dipimpin oleh Kasie Propam Polres Soppeng Ipda Didid Rukminto.

Sekadar dikerahui, dalam operasi ini, polisi bakal menyasar terhadap pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan, seperti muatan berlebihan (over load, over capacity, over dimensi), melawan arus, TNKB, dan pelanggaran kasat mata lainnya.

Operasi Zebra dilaksanakan sesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 1981, UU Nomor 2 Tahun 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Lalu, UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Selain itu, Peraturaan Kapolri Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Management OPS Kepolisian, Renops Mabes Polri Nomor: R/RENOPS/1991/X/2016, Tanggal 25 Oktober 2016, dan Surat Telegram Kakorlantas Nomor STR/822/X/2017, tangga 6 Oktober 2017, tentang pelaksanaan operasi kepolisian Zebra tahun 2017. (rilis humas polres Soppeng)

Bagikan Berita Ini: