Peringati HKN, Plt. Sekda Soppeng Jadi Irup

    Dibaca 162 kali

AQ

Reporter : Amiruddin Baringeng

WATANSOPPENG, LATEMMAMALA.COM; -- Hari Kesehatan Nasional ke-53 dipeeingati dalam suatu upacara, dihelar yang digelar di Halaman Kantor Bupati Soppeng.

Upacara ini, bertindak selaku Inspektur Upacara, Plt. Sekda Soppeng H. Nur Alam, SH, MH. Selain seluruh unsur Forkopimda, upacara ini juga dihadiri PNS lingkup Pemkab Soppeng serta sejumlah mahasiswa yang mengusung tema, “Sehat Keluarga Sehat Indonesia.”

Dalam amanat Menteri Kesehatan RI, yang dibacakan oleh Plt. Sekda, mengatakan, tema Hari Kesehatan Nasional, sehat keluarga sehat Indonesia di angkat krn pentingnya peran keluarga dalam membangun kesehatan,
perilaku hidup bersih dan sehat dimulai dari lingkungan keluarga.

Selain penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal tersebut didasarkan pada kenyataan, keberhasilan Program Kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait, kata Nur Alam membacakan amanat Menkes.

Dikatakqn, Permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia di antaranya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular. Ini, lanjutnya, harus segera diselesaikan, "jika kita ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang," tandas Menkes yang dibacakan Plt. Sekda Soppeng ini.

Lanjut Menkes dalam amanat yang dibacakan Irup, terutama Puskesmas, ini perlu saya ingatkan, padahal Kepala Dinas dan Kepala Puskesmas agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan tersebut, tandasnya.

"Dalam kesempatan ini, saya mengajak seluruh insan kesehatan khususnya jajaran Kementerian Kesehatan agar menjadikan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 ini sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan," tandasnya.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional saat ini, lanjutnya, "merupakan momentum untuk meneguhkan kembali komitmen, menguatkan tekad serta menggugah semangat kita semua. agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat serta terus berupaya menyadarkan
masyarakat agar mandiri dalam aspek kesehatan," katanya mengingatkan.

Untuk tersebut ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba, dalam rangka HKN ke 53 serta penghargaan kepada PSC 119 Soppeng sebagai penyedia layanan mobile kegawatdaruratan terbaik Tingkat Kabupaten s
Sehingga.

.

Bagikan Berita Ini: