Lauching LaSide, DPM PTSP Soppeng Gelar Sosialisasi Pelayanan Publik

    Dibaca 98 kali

 

Reporter : Amiruddin Baringeng

WATANSOPPENG, LATEMMAMALA.COM; --
Wakil Bupati Soppeng membuka Sosialisasi Pelayanan Publik dirangkaikan. Dengan Lauching Layanan Sistem Informasi dan Data Elektronik Berbasis Android (La SIDE), Kamis 30 Nopember 2017.

Wakil Bupati Supriansa SH, MH dalam sambutannya mengharapkan Perbaikan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat umum, dunia usaha dan juga bagi pemerintah sendiri dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta memperpendek proses pelayanan guna mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah, murah transparan, pasti, dan terjangkau.
“Bagi masyarakat, dengan adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu PTSP masyarakat dapat memperoleh pelayanan publik yang lebih baik” lanjut Supriansa.

Selain itu supriansa mengatakan kalau PTSP diharapkan mampu memberikan kemudahan dalam perizinan usaha akan meningkatkan minat pelaku usaha untuk melakukan investasi dan mengembangkan usahanya, selain itu dunia usaha juga diharapkan memperoleh manfaat dalam bentuk efisiensi pelayanan yang menghasilkan pengurangan waktu dan biaya yang membuat pelaku usaha dapat mengalokasikan lebih banyak waktu dan biaya pada kegiatan-kegiatan produktif.

“Dengan demikian maka perlu kami sampaikan, Dinas Penanaman Modal ini Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupatan Soppeng sebagai penyelenggara pelayanan perizinan, itu perlu dukungan yang kuat dari seluruh tehnis utamanya menyangkut syarat tehnis pelayanan perizinan yang bertanggung jawab tetap ada pada SKPD tehnis yang bersangkutan dan harus mengacu pada standar operasional prosedur (SOP), terkait dengan persyaratan tehnis diminta kepada tim kerja tehnis yang dikoordinasikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu agar betul-betul melaksanakan verifikasi langsung di lokasi obyek yang dimintakan izin” tambahnya.

Pelayanan terpadu satu pintu, lanjut Supriansa, diharapkan dapat mengikuti semua kaidah kaidah pelayanan satu pintu sehingga mampu mewujudkan pelayanan publik yang terukur misalnya melalui survei tingkat kepuasan masyarakat, dengan demikian maka pada kesempatan ini saya menegaskan beberapa hal sebagai berikut:

1.pada seluruh SKPD tehnis terkait agar tetap mendukung kelancaran proses penerbitan izin dan non izin di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan tetap memperhatikan batas waktu yang telah ditetapkan
2. Kepada Jajaran Dinas Penanaman Modal dan
Pelayanan Terpadu Satu Pintu agar memelihara dan memanfaatkan pasilitas Sistem Aplikasi pelayanan perizinan ini dengan baik guna memberikan pelayanan secara cepat, tepat, transparan kepada masyarakat dan dapat dipertanggung jawabkan.

3. Permohonan izin yang memerlukan pemeriksaan Lapangan agar betul-betul dilaksanakan verifikasi di lokasi obyek yang dimintakan izin dengan melibatkan Camat dan Lurah Kepala Desa yang bersangkutan.

Peserta pada kegiatan ini Para Asisten Lingkup Setda Kab Soppeng, Para Kepala SKPD Kab. Soppeng, Para Kepala Bagian Lingkup Setda Kab Soppeng, Para Camat se Kab. Soppeng, Para Lurah/Kepala Desa se Kab Soppeng, Para Anggota Tim Kerja Teknis, dan Para Masyarakat Pelaku Usaha
Pemerintah Kabupaten Soppeng melalaui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Melaksanakan Sosialisasi Pelayanan
Publik yang dirangkaikan dengan Launching Layanan Sistem Informasi dan Data Elektronik Berbasis Android (La SIDE), Kamis 30 Nopember 2017.
Ketua Panitia Drs.A.Makkaraka, MSi Plh.Kadis DPM-PTSP dalam laporannya menyampaikan bahwa
Kegiatan Tersebut bertujuan untuk mempermudah, meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat serta memperpendek proses pelayanan guna mewujudkan
pelayanan cepat, mudah, murah, transparan, pasti dan terajangkau bagi masyarakat
pelaku usaha, dalam rangka mewujudkan visi pemerintahan yang melayani dan lebih baik
dengan Misi Menjadikan Kabupaten Soppeng yang lebih baik dalam Pelayanan Publik.
A.makkaraka menjelaskan, Dasar Pelaksanaan kegiatan ini
1. Peraturan Menteri Dalam Negeri No 24 Tahun 2006 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu satu Pintu

2. Peraturan Bupati Soppeng Nomor 1 Tahun 2017 tentang Penyelenggraan Pelayanan Terpadu satu pintu pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

3. Peraturan Bupati Soppeng Nomor 5 Tahun 2017 tentang Standar Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Piriu Kabupaten Soppeng.

 

Bagikan Berita Ini: