Diskominfo Soppeng Gelar Workshop Penggunaan Medsos

    Dibaca 166 kali

 

Reporter : Amiruddin Baringeng

WATANSOPPENG, LATEMMAMALA.COM; -- Workshop penggunaan media sosial untuk pengembangan usaha diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika, Kamis,30 November 2017 di Baruga Rujab Bupati Soppeng.

Sambutan Bupati Soppeng pada workshop itu dibacakan Kadis Kominfo Drs. Fithratuddin, atas nama Pemerintah Daerah dan selaku pribadi, Bupati menyambut baik kegiatan ini yang bertujuan untuk meningkatkan produktifitas para pengusaha Soppeng dengan memanfaatkan media sosial yang ada sebagai sarana pengembangan usaha.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa saat ini 84% masyarakat mengetahui dan membeli barang atau jasa melalui media sosial, karenanya, teknologi informasi dan komunikasi termasuk media sosial tentunya sangat penting untuk dikuasai dan dioptimalkan oleh para pelaku usaha, baik mikro, kecil maupun menengah karna media sosial sangat berperan penting dalam menambah jejaring, membuka peluang pasar sekaligus membantu dalam berpromosi, kata Bupati dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kadis Kominfo Drs. A. Fithratuddin.

Bupati mengajak memanfaatkan media sosial dengan baik, "saya mengajak kita semua memanfaatkan media sosial secara benar agar tidak merugikan pihak-pihak tertentu yang dapat menimbulkan persoalan hukum," ajak Bupati Soppeng dalam sebutannya, dibacakan Kadis Kominfo Soppeng.

Kabag TU Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar, H.Syarifuddin Akbar M.Si dalam sambutannya, mengatakan, Tidak dapat dipungkiri media sosial dapat mengubah gaya hidup seseorang,
media sosial selain memiliki dampak positif juga memiliki dampak negatif salah satunya digunakan untuk memposting hal-hal yang berbau pornografi, internet itu bersifat publik bukan privasi

"Alangkah baiknya apabila kita menggunakan medsos ke arah yg positif saja, salah satunya sebagai peluang kita untuk berbisnis," tandas Syarifuddi.

Dikatakan, marketing atau pemasaran merupakan elemen yang sangat penting dalam dunia bisnis.

"Untuk merebut hati para calon pembeli, kita dapat mempromosikan produk secara unik dan menarik melalui medsos sperti facebook, line, instagram dan lainnya," ungkapnya.

Syarifuddin berharap, semoga workshop ini bisa membantu memunculkan kreativitas masyarakat sebagai pengguna media sosial untuk pengembangan usaha. Indonesia punya pasar besar, tapi masih tertinggal memanfaatkan Internet untuk berbisnis. Jadi, jangan sekadar memanfaatkan Internet untuk narsis. Gunakan juga untuk kegiatan kreatif, ajaknya.

Ketua Panitia Drs. Nur Alam mengatakan, maksud dan tujuan Penyelenggaraan Pelatihan SDM dalam bidang Komunikasi dan Informasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan penggunaan media sosial dalam pengembangan usaha utamanya bagi pelaku usaha.

Disamping juga, lanjut Nur Alam, menambah wawasan dan pengetahuan para peserta dalam pemanfaatan media sosial sebagai sumber informasi dalam pengembangan usaha.

Adapun tujuannya, papar Nur Alam, adalah agar setiap peserta dapat memahami manfaat media sosial dalam pengembangan usaha.

Workshop ini diikuti sejumlah warga yang bergerak di dunia usaha.

 

 

 

Bagikan Berita Ini: