Tutup BBGRM, Bupati Soppeng Berharap Gotong Royong Harus Tetap Digalakkan

    Dibaca 90 kali

  

ReporterAmiruddin Baringeng

 

WATANSOPPENG, LATEMMAMALA.COM; -- Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, SE bersama Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Nurjannah Kaswadi menghadiri acara penutupan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Kabupaten Soppeng Tahun 2017 yang dipusatkan di Desa Paroto Kecamatan Lilirilau, Senin 4 Desember 2017.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Soppeng, Andi Agus Nongki dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan peringatan Bulan Bakti Gotong Royong bertujuan untuk melestarikan budaya gotong royong sebagai warisan leluhur nenek moyang, meningkatkan partisipasi dan tanggung jawab masyarakat Desa dan Kelurahan, meningkatkan peran aktif PKK di desa, serta sebagai momentum kebersamaan dalam komitmen pembangunan desa dengan semangat gotong royong dan persatuan menuju kemandirian.

A. Agus menyampaikan, berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi (Monev) kegiatan swadaya gotong royong masyarakat yang dilaksanakan di setiap desa dan kelurahan, maka diputuskan desa dan kelurahan yang memiliki kontribusi terbesar dalam pembangunan desa/ kelurahan dengan dua kategori yakni :

Kategori Desa :

Juara 1 : Desa Paroto Kecamatan Lilirilau

Juara 2 : Desa Watu Toa Kecamatan Marioriwawo

Juara 3 : Desa Sering Kecamatan Donridonri.

Kategori Kelurahan :

Juara 1 : Kelurahan Jennae Kecamatan Liliriaja

Juara 2 : Kelurahan Salokaraja Kecamatan Lalabata dan

Juara 3 : Kelurahan Botto Kecamatan Lalabata.

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya  mengatakan, memang tidaklah mudah untuk melestarikan dan mempertahankan semangat gotong royong di tengah-tengah alam kehidupan sekarang ini yang semakin individualis dan kompetitif, namun semangat gotong royong harus semakin digalakkan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

“Saya berkeyakinan bahwa tanggung jawab untuk membangun bangsa ke depan harus dilakukan dengan cara musyawarah dalam memutuskan dan semangat bergotong royong”ujarnya.

Sebelum menutup rangkaian BBGRM secara resmi, Bupati Soppeng didampingi Kepala Kadis Pemdes menyerahkan trophy kepada Desa dan Kelurahan yang terpilih sebagai pelaksana terbaik BBGRM Tingkat Kabupaten Soppeng Tahun 2017.

Penutupan BBGRM ditandai dengan pemukulan gentongan oleh Bupati Soppeng didampingi jajaran Forkopimca, Plt. Sekda dan tamu undangan lainnya.

Turut hadir Ketua TP PKK, Ketua DPRD Soppeng, Kepala Kantor Kemenag,  Ketua Pengadilan Agama, Plt. Sekda, Forkopimca, Kepala SKPD, Kepala Desa dan Lurah se Kabupaten Soppeng.

 

 

 

Bagikan Berita Ini: