UMMA Datangkan Kuliah Umum Prof Kathy Robinson Asal Australia

    Dibaca 121 kali

 

Citizen Reporter    

Sekretaris LPPM UMMA, Ahdan Sinilele Melaporkan dari Maros


MAROS, LATEMMAMALA.COM; -- Universitas Muslim Maros (UMMA) mendatangkan dosen dari The Australian National University, Prof. Kathy Robinson. Membawakan kuliah umum di hadapan ratusan civitas akademika kampus, di kampus I Jl. Dr. Ratulangi, Jumat (8/11/2017).

Prof. Kathy membahas soal Mining and Local Community, Shring Benefits, terkait kehadiran perusahaan tambang yang memberi kontribusi bagi lingkungan masyarakat sekitar.

Dia juga menjelaskan dampak tambang terhadap masyarakat lokal dan pendayagunaan kaum perempuan di dalamnya.

Sorotan antara tambang dengan perempuan dipersoalkan. Pihak pertambangan banyak mendapatkan keuntungan devisa bagi negara dan masyarakat.

Tetapi pada sisi lain perempuan seharusnya bisa mendapatkan keuntungan dari usaha pertambangan.

Perempuan tidak hanya menjadi obyek penderita dari usaha pertambangan akan tetapi bisa mendapatkan keuntungan dari usaha pertambangan.  Perempuan banyak bekerja dalam usaha pertambangan namun mereka dibayar dengan gaji yang murah.

Ini yang menjadi tantangan bagi kaum perempuan sehingga bukan hanya sebagai pekerja kasar, tetapi harus memiliki keterampilan tinggi agar mempunyai daya tawar yang tinggi pula.

Rektor UMMA, Prof. Nurul Ilmi Idrus, M.Sc, Ph.D. pada sambutannya menyambut hanya kedatangan Prof. Kathy yang bersedia datang ke kampusnya di Maros.

Ke depan, kegiatan akademik kuliah tamu akan terus ditingkatan dengan nara sumber pada disiplin ilmu dengan Negara asal yang berbeda.

Semua itu dilakukan dengan tujuan guna meningkatlan kualitas pembelajaran di Kabupaten Maros, katanya.

Kuliah umum dihadiri  Wakil Rektor I dan II; Dr. H. Syahrir, SE, MM dan Muhammad Izzdin Idrus, SP, MP, Direktur Pascasarjana PPs-UMMA, Prof. Dr. H. Kaharuddin, M.Hum para dosen dan mahasiswa lainnya. 

 

Bagikan Berita Ini: