Poltekkes Kemenkes Makassar Peringati Harlah UKM Gerakan Anti Narkoba

    Dibaca 233 kali

Citizen Reporter

Laporan : Darsil Yahya M

Mahasiswa Fakultas Hukum Unsa Makassar


MAKASSAR, LATEMMAMALA.COM; -- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Anti Narkoba (GANK) Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Makassar menggelar Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-5 di Aula Keperawatan kampus tersebut, Jl. Bendungan Bili-Bili No. 1 Tidung Makassar. Sabtu, 9 Sesember 2017.

Lahirnya UKM GANK Poltekkes Makassar ini berawal ketika penyeleksian kurang lebih 200 orang mahasiswa dari 8 jurusan yang ada di Poltekkes Makassar.

Dan diseleksi dari pengembangan kader yang diadakan oleh BNNP Sulsel, hasilnya didapatkan 35 orang mahasiswa dan dosen.

Setelah mendapatkan kader 35 orang maka BNNP Sulsel melakukan pelantikan secara resmi pada tanggal 7 Oktober 2012.

Sebagai tindak lanjut dari pengkaderan BNNP Sulsel tersebut, setelah dilantik, pembina Tiar Erawi beserta Pembimbing Zaenab, SKM,M.Kes. mengumpulkan 35 kader yang sudah dilantik dan dibentuklah kepengurusan serta pemberian nama.

Pada tanggal 12 November 2012 dibentuklah struktur organisasi serta peresmian nama UKM GANK Poltekkes Makassar.

Kegiatan Harlah GANK PKM ini dihadiri oleh Pembantu Direktur III Poltekkes Makassar Dr. H. Herman, S.Pd., M.Kes,

Perwakilan BNNP Sulsel
Anas Kaharuddin Zaenab, SKM., M.Kes, H. Muh. Nasir, S.Pd, M.kes, Ketua BPM Muh. Nur Akbar Aksa, Wakil Presiden Mahasiswa, Moch. Fausan Usemahu, serta anggota UKM GANK, Formapen Sul-sel dan UKM Anti Narkoba yang ada di Sulsel.

Adapun tema diangkat dalam peringatan Harlah ke-5 UKM GANK PKM Poltekkes Kemenkes Makassar yaitu, "Laskar Pembawa Harapan Berjiwa Cinta untuk UKM GANK PKM."

Acara diisi berbagai hiburan, di antaranya; Tari Pa'duppa,Tari Kreasi, Akustikan, Musikalisasi Puisi dan Flasmob.

Kegiatan ini dibuka oleh Pembantu Rektor III Poltekkes Dr. H. Herman, S.Pd., M.Kes, dalam sambutannya mengharapkan semua kader UKM GANK bisa lebih aktif membantu pihak kepolisian dalam mencegah penyalahgunaan narkoba.

"Saya berharap, kita perbaiki dulu internal kita dengan cara mensosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba di kampus dan di keluarga masing-masing serta orang-orang terdekat kita," harapnya.

Perwakilan dari BNNP Sulsel Anas Kaharuddin yang juga sebagai Kepala Seksi pemberdayaan masyarakat di BNNP Sul-sel ini, mengatakan, semua elemen masyarakat harus berperan penting dalam pemberantasan narkoba, karena jika tidak, saya yakin 9 sampai 10 tahun yang akan datang kita tidak punya regenerasi penerus bangsa mengingat dari tahun ke tahun pecandu narkoba semakin meningkat, tegasnya sesaat usai acara berlangsung.

Ketua UKM GANK PKM Poltekkes Makassar Andi Wais Al Qarni juga berharap, pada Peringatan Harlah GANK PKM ke-5 ini  mengatakan, semoga UKM GANK ke depannya bisa menciptakan program-program kerja yang lebih baik lagi dan bisa mencegah penyalahgunaan narkoba baik di dalam maupun di luar kampus, harapnya.

Ketua Panitia Harlah GANK PKM ke-5 Khaerani Kamil mengatakan, sengaja mengangkat tema Laskar Pembawa Harapan Berjiwa Cinta untuk UKM GANK PKM ini karena temanya mengandung makna, yaitu; sekumpulan orang yang membawa harapan dengan jiwa cinta untuk GANK PKM Poltekkes Makkasar.

Ia berharap semoga UKM GANK PKM Poltekkes Makassar di usianya yang ke-5 ini, ke depannya menjadi lebih baik serta dapat menjadi aspirasi mahasiswa yang anti narkoba terutama di lingkungan Poltekkes Kemenkes Makassar dan
juga sebagi salah satu jalan untuk menuju Indonesia bebas narkoba, tegas wanita yang berparas cantik ini.

 

 

Bagikan Berita Ini: