Rilyane Suzan Rasita Sembiring, Wiraswasta Beralih Jadi Dosen

    Dibaca 114 kali

 

 
MANADO, LATEMMAMALA.COM; -- Perjalanan hidup bagi Dosen Tetap Yayasan (DTY), Universitas Pembangunan Indonesia (UNPI) Manado, Rilyane Suzan Rasita Sembiring, SE, MM bermula  dari seorang wiraswasta sejak 2003.

Usaha yang digeluti, kontraktor dan beralih ke usaha advertising dan souvenir accesories berbasis bahan acrylic.

Demikian ditegaskan Rilyane Rasita Sembiring kepada media, Senin (18/12/2017).

Usaha bisnis dijalani bersama suaminya, Iskandar Zulkarnain, SE, MM, yang juga salah seorang dosen DTY, awalnya di kampus Universitas Teknologi Sulawesi Utara dan kini di UNPI Manado.

Memulai karir dosen pada 2008 mengikuti jejak sang suami, dengan satu pemikiran,  alangkah baiknya mengkombinasikan sisi manajemen sebagai aplikasi praktek yang telah dijalankan.

Dengan terus melakukan pendalaman teori melaluli aktifitas mengajar sebagai dosen, tegas magister manajemen PPs- STIM IMNI Jakarta ini.

 

Pada 2009, menempuh pendidikan S2 manajemen agar dapat memperkuat pemahaman dan kemampuan sebagai tenaga pengajar dan sekaligus memenuhi tuntutan persyaratan sebagai dosen.

Kuliah S2 berhasil diselesaikan pada  2011, berproses lanjut dalam meniti karir sebagai dosen dengan berbagai tantangan, hingga akhirnya tersertifikasi sebagai dosen profesional 2016.

Menjadi suatu tantangan berat namun menyenangkan ketika menjalankan 4 peran dalm hidup, yaitu; sebagai wiraswasta, dosen, sebagai istri dan ibu rumah tangga.

Namun, diakuinya, kunci keberhasilan menjadi peran-peran itu, secara ikhlas melayani. Karena keemapt hal itu  adalah pelayanan, yaitu melayani pelanggan, mahasiswa, suami dan melayani keluarga. Karena prinsip dalam kehidupan, melayani dan saling melayani.

Rilyane, lahir 18 April  1973, anak ketiga dari keluarga Sembiring Regar, ayah berasal dari Medan bermarga Sembiring dan ibu asal Minahasa bermarga Regar, memiliki 2 anak perempuan Queenayah Asikin dan Earlyprincess Asikin.

Alumni S1 STIE Harapan Kasih Manado 2000. S2 Sekolah Tinggi Ilmu Menejmen IMNI Jakarta. Sekretaris Prodi Ilmu Ekonomi UTSU 2012-2015.

Sejak 2016 menjadi Koordinator Bidang Audit Mutu LPMI Universitas Pembangunan Indonesia (UNPI) Manado. (yahya) 

 

 

Bagikan Berita Ini: