STIK Tamalate Makassar Fokus Peningkatan Mahasiswa Baru

    Dibaca 280 kali

 

Citizen Reporter

Laporan: Nirwan

Mahasiswa Sosiologi Fisip Universitas Sawerigading Makassar

 
MAKASSAR, LATEMMAMALA.COM; -- Penerimaan mahasiswa baru di STIK Tamalate tahun ajaran 2017 tahun ini mengalami penurunan hingga 10 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Maka tahun ajaran 2018 tahun depan fokus pada peningkatan jumlah mahasiswa yang diterima, kata Ketua STIK Tamalatea Makassar Dr. drg H. Masriadi, S.K.M., S.Kg., S,Pd.I., M.Kes., M.H, di kampusnya,  Rabu (20/12/2017).

Dikatakan, dalam penerimaan mahasiswa STIK Tamalatea menyiapkan dua ruang  kelas, yakni kelas reguler dan kelas non-reguler.

”Khusus yangkelas non reguler mengalami penurunan jumlah mahasiswa sekitar 10 persen dibanding tahun lalu jumlah mahasiswa sekitar 160 mahasiswa,” ujar Masriadi.

Pihak kampus sudah memiliki rencana strategi  jitu dalam peningkatan jumlah mahasiswa  baru pada Penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2018.

Disebutkan Masriadi, salah satu strategi yang dilakukan dalam peningkatan jumlah mahasiswa,  yakni; melakukan promosi kampus di sekolah-sekolah SMA/SMK  jauh-jauh hari sebelum penerimaan  calon mahasiswa  baru. 

Strategi kedua, mengadakan MoU kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terhadap mahasiswa yang tidak lulus di kampus negeri, agar memberikan rekomendasi kuliah di STIK Tamalatea dengan memilih jurusan yang telah disediakan yaitu Prodi Kesehatan Masyarakat.

Sementara strategi ke-3, di yaitu melibatkan para alumni dan mahasiswa yang berada di beberapa daerah ikut serta mempromosikan kampusnya pada masyarakat luas khususnya kepada para adik-adik siswa SMA/SMK yang akan lulus agar menjadikan STIK Tamalatea sebagai alternatif dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Masriadi menjelaskan, program studi Kesehatan Masyarakat STIK Tamalatea tahun lalu telah meraih Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT), dan tidak ada lagi keraguan  calon mahasiswa untuk tidak berkuliah di STIK Tamalatea Makassar.

Yang menarik bagi calon mahasiswa baru yang  ingin kuliah di STIK Tamaltea, ujar Ketua STIK Tamalatea, karena program studi Kesehatan Masyarakat telah terakreditasi B, juga fasilitas yang dimiliki oleh kampus sudah cukup memadai.

Sekadar diketahui, STIK Tamalatea, merupakan kampus swasta  paling tua di-Indonesia Timur yang memprogramkan prodi Kesehatan Masyarakat.

Dilihat dari usia berdirinya kampus, STIK Tamalatea Makassar yang saat ini di pimpin oleh Dr. H. Masriadi, telah memiliki 18 dosen profesional dan berkualitas di bidangnya masing-masing. Dari 18 dosen yang dimiliki,  di antaranya 7  DPK  dan 11 dosen yayasan.

“Alhamdulillah, sumber  daya dosen hampir semuanya  telah menyandang gelar S3. Dalam waktu dekat ini ada 3 orang sudah merampungkan studi S3-nya,” tuturnya.

Suatu keberhasilan juga buat kampus STIK Tamalatea,  karena lulusannya memiliki daya saing tinggi, terbukti  beberapa alumninya  tersebar di berbagai instansi pemerintahan, salah satunya, ada menjadi anggota DPR, dosen serta pimpinan di PTN dan PTS di luar Sulawesi.

 

Bagikan Berita Ini: