Rahmat Hidayat, Doktor Baru Kopertis IX Sulawesi

    Dibaca 205 kali

 

MANADO, LATEMMAMALA.COM; -- Jajaran Dosen Dipekerjakan Kopertis IX  (DPK) bertambah lagi doktor baru. Dosen yang meraih doktor kali ini adalah, Rahmat Hidayat, di PPs-Universitas Padjajaran Bandung, Selasa (19/12/2017).

DPK di STISIPOL Merdeka Manado kepada media, Senin (25/12/2017), menegaskan, dia berhasil lulus dengan nilai sangat memuaskan, pada studi  
Administrasi Publik dengan masa studi selama 3 tahun.

Karya tulis disertasi yang berhasil dipertahankan berjudul, Implementasi Kebijakan Pencegahan dan Penanganan Korban Perdagangan Anak di Provinsi Jawa Barat.

Selama promosi, wanita kelahiran Pare-Pare, 17 November 1972 ini, mampu mempertahankan disertasinya di hadapan tim penguji, yakni;  Ketua Sidang : Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata; Sekretaris Sidang: Ida Widianingsih., S.IP., M.A., Ph.D., Ketua Tim Promotor : Prof. Dr. Drs. H. Budiman Rusli, M.S., Anggota Tim Promotor  : Dr. Dra. Sintaningrum, M.T.,  Anggota Tim Promotor : Yogi Suprayogi Sugandi, M.A., Ph.D.

Oponen Ahli:  Prof. Dr. Josy Adiwisastra; Prof. Dr. Hj. Diana Harding, M.Si. Psikolog; Ida Widianingsih., S.IP., M.A., Ph.D. Representasi Guru Besar: Prof. Dr. Drs. H.Opan S. Suwartapradja.

Simpulan dari hasil penelitiannya, menemukan, implementasi kebijakan pencegahan dan penanganan korban perdagangan anak belum efektif, karena konten kebijakan dan konteks kebijakan.

Dari sisi konten kebijakan, belum terdapat perubahan yang diharapkan dengan digulirkan kebijakan tersebut, pengambil keputusan belum efektif menjalin kerjasama, komunikasi, dan koordinasi dengan keanggotaan Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Korban Perdagangan Orang, Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

Implementor kebijakan belum efektif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, serta komitmen dan dukungan sumber daya yang masih rendah.

Dari sisi konteks kebijakan, terdapatnya penggunaan kekuasaan dan kepentingan politik dari aktor yang terlibat, kepatuhan dan respon dari para pelaksana yang masih berbeda, dan institusi serta karakter rezim yang berkuasa masih syarat dengan kepentingan politik.

Rahmat tamat SDN 3 Pinrang 1985. SMPN 1 Pinrang 1988, SMAN 234 Pinrang 1991. S1 Administrasi Negara Fisip Unhas 1996, S2 Administrasi Negara PPs-Unhas 2006. S3 Administrasi Publik PPs-Unpad Bandung 2017.  Sejak 2014 menjadi DPK di STISIPOL Merdeka Manado. (yahya)

 

Bagikan Berita Ini: