Di Bibir Pantai, Reuni Angk. ke-3, Sepakati 2018, Reuni Akbar SMPN 1 Muara Badak

    Dibaca 383 kali

 Di bibir pantai Sambera Muara Badak, Minggu, 24 Desember 2017, tiga alumni angkatan ke-3 SMPN 1 Muara Badak 1988, Hasipah, Zulfikar dan Rahmawati mengabadikan foto bersama. 

SAMARINDA, LATEMMAMALA.COM; Akhirnya, rencana Alumni Angkatan ke-3 SMPN 1 Muara Badak 1987/1988 terlaksana juga. Reuninya bukan di Pantai Muara Badak Ulu sebagaimana diberitakan di salah satu media online,, tetapi di Pantai Sambera Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur, Minggu, 24 Desember 2017.

Meski didominasi dari Kelas III A, tercatat tiga kelas siswa yang tamat pada Tahun Pelajaran 1987/1988 di sekolah itu, III A, III B dan III C, hadir di bibir pantai Muara Badak di Sambera.

Dengan sarana komunikasi yang mendukung, meski berjauhan menembus batas, laut dan pulau, mereka yang sealumni dengan mudah dapat berkomunikasi. Dijadwalkanlah reuninya di bibir pantai Samberalah mereka menggelar Temu Kangen alias reuni setelah 30 tahun berpisah.

Selain puluhan alumni sekolah itu, hadir juga beberapa guru yang pada saat alumni itu masih di SMP sudah mengajar di sekolah itu hingga sekarang, mereka adalah, Zalwati Har (Bahasa Indonesia), Indrawati (IPS) dan Saharuddin (Biologi/saat ini Kasek di sekolah itu).

Kepada salah satu gurunya saat masih di sekolah itu, Alimuddin (Bahasa Inggris), melalui WhatsAppnya, Fika di tengah reunian, mengatakan, "Iya pak seru banget bisa bertemu lagi, ternyata masih seperti dulu bercanda tanpa ada batas.

Sementara Runiawaty, beralamat di Balikpapan juga hadir di reuni itu, via Line-nya, menyayangkan kalau gurunya ketika di SMP dulu (Alimuddin) tidak datang di acara itu. "Sayang sekali Bapak nggak datang," tulis Runi, (sapaan akrabnya), di Line-nya.

Via facebook-nya, Kepala Sekolah Saharuddin menulis di akun Rahmawati, juga alumninya, sekarang mengajar di salah satu SDN di Melak Kabupaten Kutai Barat, "Sukses...Ya Bu Rahmawati...dan Bapak Sahar ucapkan terima kasih oleh-olehnya dari Melak.

Ria Nose, nama akunnya di facebook, saat ini mengajar Bahasa Inggris di salah satu SMP di Kabupaten Berau Kaltim. Nama aslinya, Jamariah, ia duduk di Kelas III C saat di SMPN 1 Muara Badak sekitar 30 tahun silam, "sedihnya.... nggak bisa hadir," akunya via facebook-nya.

Hasipah Sugianto, juga via facebook-nya, "reuni SMPN Muara Badak Angkatan ke-3 Tahun 1988, Alhamdulillah berjalan dengan lancar.

Nurbaya, terbaca di akun facebook-nya, Subhanallah, Walhamdulillah.. Wasysyukurillah..
Hari ini Ahad, 24 Desember 2017, Acara Silaturrohim Angkatan ke 3 tahun 1988 Alumni SMPN 1 Muara Badak Kukar Kaltim..Terima kasih kami ucapkan kepada Guru kami Ibu Hj. Indrawati, S.Pd, Ibu Salwati Har, S.Pd. Bapak kami Saharuddin, S.Pd., M.Pd yang telah berkenan hadir bersama kami.

Alumni yang tidak sempat hadir, seperti Jamariah di Berau, Masitah Budi, dari jauh mereka hanya mendo'akan semoga reuninya sukses.

Rupanya, gaung reunian ini terdengar juga hingga ke beberapa alumni angkatan sebelumnya. Haisah di Berau misalnya, ia angkatan I almamater itu, via akun facebooknya, menulis, "Alhamdulillah angkatan 3 SMP Negeri 1 Muara Badak bisa mengadakan reuni apalagi bisa bertemu guru - guru yang telah membimbing kita sehingga kita bisa seperti ini, ayo angkatan 1 kapan kita bisa reunian mumpung masih libur," tulisnya.

Terlihat di lokasi cukup ramai, selain dari Sangata Kutai Timur, Melak Kutai Barat, Balikpapan dan Samarinda juga dari Muara Badak sendiri, seperti Arbainah, Sumiati, Nurbaya, Hasbiati, dan beberapa alumni lainnya.

Acara dilanjutkan di rumah kediaman Nurbaya yang saat ini guru SDN di Tanjung Limau, tidak jauh dari lokasi digelarnya Reuni, para alumni itu memberikan kesempatan kepada Kepala SMPN 1 Muara Badak Saharuddin menyampaikan pesan dan kesannya.

Sebelumnya, Kasek ini mohon ijin, masih bisakah, saya memanggil dengan kata anak-anakku, karena disadari, para alumni ini tentu juga sudah punya keluarga, anak yang boleh jadi juga sudah punya cucu. Semua alumni yang hadir mempersilahkan dengan panggilan seperti itu, seperti pada 30-an tahun yang lalu pak, jawab mereka.

"Alhamdulillah anak - anakku semua," Saharuddin pun mulai memberikan pesan dan kesannya.

"Kami berterima kasih atas undangan ini, pertanda, waktu 30 tahun yang telah lewat itu tidak membuat kita lupa segalanya, namun malah membuat kita semakin merindukan sesama teman...jangan dijadikan prestasi atau keberhasilan itu sebagai bentuk kesombongan," kata kasek ini dalam pesan dan kesannya.

Kasek ini juga menyampaikan hasil pertemuan di antara para alumni itu, mengahasilkan, agar Reuni Akbar Alumni Angkatan I sampai dengan Angkatan X tahun depan 2018 sudah dapat digelar. Tempatnya direncanakan di Kota Samarinda, tepatnya masih rencana di Hotel Mesra.

"Insya Allah kalau tidak ada halangan mereka akan koordinaskan dengan teman mereka yang berdominsili di daerah yang jauh seperti Jakarta, Batam, Makassar, Banjarmasin, Surabaya dan lainnya. Dari mereka ada support dari Sudiyanti dan teman sealumni lainnya," sebut Saharuddin.

Diketahui, SMP Negeri 1 Muara Badak sebagai Sekokah Rujukan Nasional di Kalimantan Timur, sebagai Kepala sekolah, dengan Reuni Akbar ini, tentu menjadi momentum dalam memacu peningkatan pendidikan, harap Kasek Saharuddin. (din)

 

Bagikan Berita Ini: