Produksi Durian Konawe Sultra Turun Drastis

    Dibaca 119 kali

 

UNAHA, LATEMMAMALA.COM; -- Produksi tanaman durian yang ada di Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami penurunan, karena rata-rata usia tanaman di atas 30 tahun. Saat ini hanya mampu menghasilkan buah sekitar 64 kg per pohon.

Demikian ditegaskan Wakil Rektor II  Universitas Lakidende (Unilaki) Konawe Sultra, Dr. Ir. Suharjo, M.Si, di Konawe, Senin (8/1/2018).

Dijelaskan, jika tanaman ini dikembangkan lewat teknik pembibitan batang atas, maka setiap pohon tanaman durian dapat menghasilkan 200 kg buah.

Selain itu cita rasa durian asal Konawe akan mampu bersaing dengan durian asal luar negeri seperti dari Thailand, tegasnya.  

Simpulan itu merupakan hasil penelitian disertasi guna merampungkan studi S3 Ilmu Pertanian di PPs-Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Disertasiberjudul, Optimalisasi Peran Batang Atas (Scion) untuk Meningkatkan Keberhasilan Sambungan dan Pertumbuhan Bibit Durian (Durio Zibethinus Murr).

Karya tulis itu berhasil dipertahankan di hadapan senat PPs-Universitas Haluoleo Kendari, Rabu (6/12/2017).

Tampil selaku promoter selama penelitian dan penulisan disertasi, yakni; Andi Bahrun dan Kopromotor I dan II, yakni; La Ode Safuan dan Sarawa Mamma. 

Simpulan lainnya, sumber dan lama simpan batang atas, memberikan pengaruh interaksi terhadap kandungan karbohidrat, protein, lemak, kadar air, dan auxin.

Akan tetapi tidak terhadap keberhasilan dan kompatibilitas sambungan. Namun, sumber batang atas, berpengaruh baik terhadap luas daun total dan diameter batang.

Penelitian ini mengkaji, selain pengaruh interaksi dan mandiri perlakuan sumber batang atas dan lama simpan batang atas terhadap kandungan makromolekul dan auxin, keberhasilan, dan kompatibilitas sambungan, juga dinamika dan hubungan kandungan makromolekul dan auxin, keberhasilandan kompatibilitas sambungan pada berbagai sumber dan lama simpan batang atas.

Suharjo lahir di Pomalaa, Kolaka, 12 Desember 1964. Lulus SDN 1 Nikel Pomalaa 1978. SMP Antam Pomalaa 1981. SPP - SPMA Wawotobi tahun 1984.

Lanjut kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo 1984. S2 Agribisnis PPs-UHO 2011. S3 Ilmu Pertanian Studi Agronomi PPs-UHO 2013.

Tahun 1990 mengajar di  SPP-SPMA Wawotobi. Sejak 1996 jadi Dosen Tetap Yayasan Universitas Lakidende Unaaha. Mulai 2011  jadi Dosen Dipekerjaaan (DPK) Kopertis Wilayah 9 Sulawesi pada Universitas Lakidende Unaaha.

Menikah dengan Hasniati, SP dengan tiga orang anak, Muh. Irfan Suharjo, S.Farm, Apt; Muh. Hendrawan Suharjo, dan Muh Ferdiansyah Suharjo. (yahya)

 

Bagikan Berita Ini: