S2 Pendidikan IPS PPs- UNM Kunjungan Budaya di Tana Toa Kajang

    Dibaca 130 kali

 

Citizen Reporter

Hasruddin Nur, Dosen Muda Fisip Universitas Sawerigading (UNSA) Makassar, melaporkan dari Kajang Bulukumba

 
BULUKUMBA, LATEMMAMALA.COM; -- Mahasiswa kekhususan Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan (PHKN) Prodi S2 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) PPs-UNM, angkatan 2016 melakukan kegiatan kunjungan budaya. 

Kunjungan budaya tersebut berlokasi di kawasan adat Tana Toa, Kajang, Kabupaten Bulukumba, Minggu (14/01/18).

Kegiatan yang diikuti 21 peserta ini dibimbing oleh Prof. Dr. Darman Manda, M.Hum dan Dr. Imam Suyitno serta didampingi oleh Hasruddin Nur, S.Pd., M.Pd.

Selain mengaplikasikan pengetahuan yang didapatkan dalam perkuliahan Antropologi dan Sosiologi Hukum, kunjungan budaya ini juga bertujuan untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan budaya masyarakat suku kajang di kawasan adat Tana Toa.

Kegiatan kunjungan dimulai dengan meminta izin kepada Kepala Desa Tana Toa yang merupakan salah satu proses sebelum memasuki kawasan adat tersebut. 

Selanjutnya diberikan penjelasan tentang larangan-larangan selama berada di kawasan adat Tana Toa termasuk pakaian yang harus serba hitam.

Memasuki kawasan adat Tana Toa dengan tidak memakai alas kaki menjadi salah satu hal yang pertama dilakukan oleh para peserta kunjungan. 

Hal ini merupakan suatu aturan ketika ingin memasuki kawasan adat tersebut, lalu para peserta bertemu dengan kepala suku kajang yang biasa disebut Ammatoa dan menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan budaya suku kajang di Tana Toa.

Kegiatan ini tentunya diharapakan mampu memberikan pengetahuan kepada para peserta tentang budaya Suku Kajang di Tana Toa, sehingga ilmu yang didapatkan dalam perkuliahan dapat dibandingkan dengan realita yang ada di lapangan.

 

 

 

Bagikan Berita Ini: