PARMUSI Kembangkan Program Desa Madani

    Dibaca 122 kali

 

Reporter : Muh. Ma'ruf 

MAKASSAR, LATEMMAMALA.COM; -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc berkunjung ke PARMUSI CENTER, Jum'at (12/1/2017).

Rombongan menteri diterima langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Persaudaaan Muslimin Idonesia (PARMUSI), Drs Usamah Hisyam beserta pengurus pusat lainnya. 

Ditemui media di Makassar, Kamis (18/1/2018) Ketua DPW PARMUSI Sulsel, Drs. H. Abubakar Wasahua, MH menjelaskan,  ada beberapa hasil dan kesepakatan dalam pertemuan itu di antaranya; Program Desa Madani  akan  dikembangkan PARMUSI  bercirikan 4 unsur  yakni, peningkatan iman dan taqwa, pemberdayaan sosial, peberdayaan ekonomi dan peningkatan kualitas pendidikan umat . 

Ditambahkan, ada  7 tujuan Sinergis Reformasi Agraria di antaranya; mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah,  menciptakan sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Selanjutnya, memperbaiki dan menjaga kualitas lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan pangan, menyelesaikan konflik agraria, serta memperbaiki akses masyarakat kepada sumber ekonomi, juga mengurangi kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja, tandas Abubakar. 

Pada kesempatan itu kementerian LHK memberikan peluang kepada PP PARMUSI berperan aktif  merealisasikan kebijakan reforma agraria dan perhitungan sosial.

Menteri LHK mendukung beberapa program sedang diproses PP PARMUSI dan akan memproses legalitas lahan-lahan yang diusulkan, antara lain;
seluas 90 hektare di Kalimantan Barat, lahan Ekowisata di sekitar Gunung Gede Pangrango, hutan Kopyor (lokasi sedang dalam proses). 

Selain itu, lahan-lahan sosial untuk program desa Madani di wilayah Jawa Barat, Jawa tengah, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Aceh. 

Kementerian LHK siap membantu dan memfasilitasi PP PARMUSI untuk terwujudnya sinergi program Desa Madani PARMUSI dengan tujuan reforma agraria dan perhitungan sosial.

Dalam penyediaan lahan disetujui Indonesia, legalitas aset, pendampingan, pembinaan dan pelatihan, teknologi tepat guna, juga fasilitas pembiayaan dan penasaran. 

PP Parmusi akan memberikan kesempatan kepada pengurus wilayah dan pengurus daerah seluruh Indonesia untuk dapat memanfaatkan program reforma dan perhitungan sosial tersebut, tandasnya.

 

 

Bagikan Berita Ini: