Gali Sejarah Pontren Ganra, Kiat Wabup Supriansa Gugah Santri Mencintai Almamaternya

    Dibaca 106 kali

 


WATANSOPPENG, LATEMMAMALA.COM; -- Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH, MH menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H di Ruang Pertemuan Pondok Pesantren (Pontren) Ganra Desa Ganra Kecamatan Ganra Kabupaten Soppeng, Sabtu, 20 Januari 2018.

Maulid ini dirangkaikan dengan pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Perguruan Islam Ganra Soppeng Periode 2018 - 2022 dan Pelantikan Pengurus Majelis Zikir Raodhatul Jannah Kecamatan Ganra.

Kegiatan ini mengusung tema, "Pribadi Rasulullah Muhammad SAW adalah Potret Sempurna dalam Membangun Karakter Anak."

Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yapris (Yayasan Perguruan Islam) Ganra selaku Ketua Panitia, Muhammad As'ad, S.Ag, dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini, selain menjalin silahturahmi sesama umat muslim, juga mendekatkan masyarakat pada pemerintah serta meneladani akhlak Rasulullah SAW.

Wakil Bupati Soppeng dalam sambutannya mengatakan, Pontten ini dibangun pada zaman penjajahan dan mengalami pasang surut hingga akhirnya tahun 1946 pesantren ini kembali bangkit.

"Islam tidak boleh mengeluh dan kendor saat mengisi kemerdekaan, terutama dalam mengembangkan pendidikan Islam," ungkap Wakil Bupati Soppeng ini.

Supriansa pun meminta tetap tegar dengan segala kondisi yangdialami, karena hanya dengan tekad yang kuat dengan ridhoi Allah SWT kesuksesan dapat diraih.

"Jangan patah semangat hanya karena kondisi bangunan sekolah yang belum sempurna, ikutilah Nabi Muhammad yang hidup dalam kesederhanaan di bawah tekanan kaum Jahiliah, tapi tetap semangat mengembangkan Islam," jelas Supriansa.

"Jangan takut berbuat kebaikan karena selama niat kita baik maka Allah akan menolong kita," tegasnya.

Dikatakan, sebagai genwrasi bangsa, kita harus menjaga keutuhan NKRI dari segala bentuk propaganda dan isu-isu politik yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita bangsa Indonesia masih miskin dalam pandangan dunia karena kita belum mampu mengolah sumber daya alam yang kita miliki, untuk itulah kita harus mencerdaskan generasi bangsa dengan meningkatkan dunia pendidikan" ungkapnya.

Dijelaskan, pemerintah sekarang mengalokasikan dana pendidikan (beasiswa) Rp 8 Milyar demi mencerdaskan generasi penerus bangsa," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, banyak program pemerintahan Akar- Super yang telah dilaksanakan, seperti; jalan 100 KM/tahun, bidang Pertanian, dan sebagainya.

"Semua program Pemerintahan Akar-Super yang dilaksanakan sekarang ini ihlas karena Allah demi mewujudkan Visi Kabupaten Soppeng, Pemerintah yang Melayani dan Lebih Baik," jelasnya.

Wakil Bupati ini juga menyampaikan soal pertumbuhan ekonomi di Soppeng. Disebutkan,
salah satu wujud keberhasilan, dilihat dari tingkat pertumbuhan ekonomi Soppeng dari 5% menjadi 8 % (kenaikan 3%) tertinggi lonjakan di Sulsel" tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, aktifis LSM ini tak lupa mengajak masyarakat mensukseskan Pilkada Sulsel 2018 dan menghindari segala bentuk propaganda atau provokasi yang dapat mengganggu suksesnya kegiatan ini. Pembangunan mental dan karakter bangsa lebih diutamakan demi menjaga keutuhan negeri kita terutama banyaknya sekarang ini peredaran narkoba yang merusak generasi bangsa, pungkasnya.

Turut hadir para unsur Forkopimcam setempat, Kepala KUA Kecamatan Ganra mewakili Kepala Kantor Kemenag Soppeng, Majelis Taklim, dan undangan lainnya. (amiruddin baringeng/din)

 

 

Bagikan Berita Ini: