Lulusan Polinas Makassar Dinantikan Banyak Perusahaan

    Dibaca 72 kali

 

Citizen Reporter

Laporan : Muh Darsil

Aktifis Pers Kampus Universitas Sawerigading Makassar


MAKASSAR, LATEMMAMALA.COM; -- Politeknik Informatika Nasional (Polinas) : Makassar memiliki 2 kampus, pertama di Jl. Sultan Alauddin dan kedua di Jl. Perintis Kemerdekaan.

Target ada 3 sampai 4 kampus, supaya ada penyebaran wilayah,  sehingga memudahkan mahasiswa yang mungkin akan mencari kampus terdekat dari tempat tinggal mereka.

Demikian ditegaskan Direktur Polteknik Informatika Nasional, M. Abduh Idris, S.Kom, MM, saat ditemui di kampusnya baru-baru ini.

"Akan menjadi menarik jika kita ada di tengah kota, ada di daerah Panakkukang misalnya, agar mendekat ke wilayah-wilayah yang bisa dijangkau oleh mahasiswa. Sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk transportasi," tandasnya. 

Abduh juga menjelaskan, total mahasiswa politeknik sekitar 1.300 orang. Selain itu, disebutkan, organisasi kemahasiswaan yang ada di Polinas adalah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM).

"BEM dan MPM hanya untuk menghimpun kemahasiswaan, pada dasarnya yang menjadi organisasi penggerak adalah UKM. Polinas memiliki beberapa UKM yang berfokus pada kepentingan keterampilan dan keahlian misalnya; UKM tentang Akuntansi, UKM Komputer, UKM Bahasa Inggris, UKM Seni dan Bakat, dan sebagainya," ungkapnya. 

Abduh menambahkan, adapun beberapa kegiatan yang pernah diikuti mahasiswa Polinas adalah NPEO (Nasional Politeknik English Olimpiade) pada 3 tahun terakhir. Termasuk yang diselenggarakan di Medan, Makassar dan yang terakhir tahun lalu di Banjarmasin.

NPEO adalah lomba Bahasa Inggris Politeknik se-Indonesia. Serta pernah juga mengikuti MTQ MN yang diselenggarakan di Universitas Indonesia dan Universitas Brawijaya.

Selama mengikuti lomba, tambah Abduh, memang belum pernah mendapatkan juara. Tapi baginya, Abduh mengakui, dengan ikut berpartisipasi dalam event - event tersebut sudah merupakan suatu prestasi. Karena di saat mahasiswanya ikut berpartisipasi, ini merupakan proses mencari bentuk bagi mereka. Hal ini tentunya merupakan sebuah perubahan berarti bagi kampus Polinas. 

Politeknik Nasional ini berfokus ke mahasiswa. "Saya berharap ketika mereka selesai bisa langsung kerja. Karena kami memiliki program D3 dan D4. Jadi setelah mereka selesai kuliah selama 3 sampai 4 tahun, mereka  bisa langsung kerja. Jadi tidak sia-sia mereka kuliah. Saya sangat berharap mahasiswa saya lebih fokus kepada menguasai keterampilan, menguasai keahlian, mencari ilmu pengetahuan tentang kebutuhannya di dunia kerja," harapnya.

Berkiblat pada slogan mereka, "Satu - satunya kampus yang mejamin penempatan kerja." Polinas melalui kerjasama dengan beberapa perusahaan telah membantu lulusan  mereka untuk mendapatkan pekerjaan seusai menamatkan pendidikannya. 

"Saat ini beberapa mahasiswa Polinas yang sedang magang, sudah dinantikan untuk bergabung di perusahaan di mana mereka magang.

Mahasiswa kami magang di Makassar. Termasuk di Bumi Sarana Beton, Bank BRI serta ada juga di PT. Hadji Kalla. Adapun total mahasiswa  yang magang yaitu sekitar 350 mahasiswa dan semua berada di semester 5." tutupnya.

 

Bagikan Berita Ini: