Rektor UNM Sebut Kepolisian Makin Berwibawa, AKBP Eko Wagiyanto Raih Gelar Doktor

    Dibaca 138 kali

 

MAKASSAR, LATEMMAMALA.COM; -- Kepala Bagian (Kabag) Pengendalian dan Poresenil (Dalpres) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel) Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Eko Wagiyanto, resmi menyandang gelar doktor setelah mengikuti sidang terbuka di hadapan penguji Universitas Negeri Makassar (UNM), di Ballrom Teather, Menara Pinisi, Makassar, Rabu (24/1/2018).


Eko Wagiyanto mendapat gelar doktor Ilmu Administrasi Publik dengan disertasi Implementasi Kebijakan Kepolisian RI dalam Pembinaan Masyarakat Melalui Program Gerakan Kembali Bersekolah, Studi di Wilayah Kerja Kepolisian Resort Kabupaten Mamuju.

Sidang ujian terbuka dipimpin langsung Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, M.TP dengan tim penguji¸ Prof. Dr. H. M. Arifin Ahmad, Prof. Dr. M Tahir Malik, Prof. Dr. Suradi Tahmir, Prof. Dr. Rifdan, sebagai penguji internal, serta Dr. Endi Sutendi, sebagai penguji external dengan promotor Prof. Dr. Haedar Akib dan Copromotor, Prof. Dr. Jasruddin.

Para pejabat yang hadir Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Mas Guntur Laupe, Bupati Mamuju Hasbi Wahid pejabat utama Polda Sulsel dan Polda Sulbar serta para jajarannya.

"Tujuan penelitian ini adalah menganalisis, mengidentifikasi dan mendiskripsikan implementasi Program Gerakan Kembali Bersekolah di Kabupaten Mamuju, sehingga bermanfaat dan memberikan sumbangan keilmuan yang besar kajian permasalahan sosial masyarakat, khususnya terkait anak putus sekoah, sehingga dapat dijadikan referensi,” jelas Eko yang pernah menjabat sebagai Kapolres Mamuju ini.

Selainitu dalam paparannya, dihadapan para penguji, Eko juga menjelaskan, tageline ‘Polisi Promoter’ atau Polisi Profesional, modern dan tepercaya.

Proyeksi tagline ini mewakili dan mencerminkan seluruh rangkaian agenda, program prioritas, kebijakan, dan komitmen kepolisian dalam upaya membangun institusi yang jauh lebih baik.

“Program yang telah dan akan dilaksanakan kepolisian dalam upaya membangun Polri yang jauh lebih baik, harus juga memenuhi terkait kepercayaan masyarakat, yakni; program yang telah dilaksanakan di Mamuju, GKB bisa diadopsi di seluruh wilayah di Indonesia," jelas Eko yang memulai karir di kepolisisan melalui Akpol ditahun 1996.



Rektor UNM, Prof. Dr. Husain Syam, memuji promovendus Eko Wigayanto, yang dinilainya sebagai Polisi Cerdas. "Pak Eko memiliki sejumlah tulisan yang tembus di jurnal internasional, dengan nilai ujian hingga sidang promosi doktor ini dilalui dengan baik.

Maka Tim penguji pun memberikan nilai lulus dengan pujian cumlaude, sehingga yang bersangkutan resmi menyandang gelar doktor (Dr.) di depan namanya sesuai dengan peraturan yang berlaku," jelas Rektor Husain yang disambut tepuk tangan meriah peserta sidang promosi doktor.

Rektor UNM juga mengapresiasi kualitas jawaban, sehingga, Eko Wigayanto pantas menjadi doktor ke-667 di lingkup UNM dan doktor ke-224 untuk (Prodi) Ilmu Administrasi Publik UNM.

"Prestasi ini menunjukkan, kepolisian semakin berwibawa, karena selain berprestasi di jajaran kepolisian, juga berprestasi di wilayah akademik, pak doktor Eko juga pak doktor Endi yang juga sebagai penguji external, keduanya merupakan polisi yang cerdas," puji Rektor UNM ini.

Eko Wagianto sendiri meraih IPK dengan nilai 3,96 dan masa studi selama 3 tahun 4 bulan yang menjadi indikator meraih prestasi cumlaude.

Demikian, dari Ballroom Teather Menara Pinisi UNM Jl. AP Pettarani Makassar, Rabu (24/1/2018), Ka Humas Universitas Negeri Makassar, Burhanuddin, memberitakan. (ibnu sultan/din)

 

 

Bagikan Berita Ini: