Gelar FGD, Rektor UNP Sebut PT Dituntut Bukan Knowledge Transfer saja tapi juga Budaya Akademik

    Dibaca 155 kali

 


PADANG, LATEMMAMALA.COM; -- Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) di Ruang Sidang Senat Lt 4 Gedung Rectorate and Research Center Kampus Perguruan Tinggi Negeri tersebut di Padang Sumatera Barat, Jumat (26/1).

FGD ini FGD yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas PTN UNP dalam peningkatan pelayanan Tridharma Perguruan Tinggi berlangsung selama sehari, Jumat (26/1)

FGD yang mengusung tema,"Peran Organ Membangun Keunggulan UNP dalam Perspektif Good University Governance," ini, bertujuan, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas PTN UNP dalam peningkatan pelayanan Tridharma Perguruan Tinggi.

Rektor UNP Prof. Dr. Ganefri, PhD dalam sambutannya mengatakan, seiring dengan penyebaran ilmu pengetahuan dan informasi yang sangat pesat di era digital ini, perguruan tinggi dituntut tidak hanya fokus dalam proses pemindahan ilmu pengetahuan (knowledge transfer), namun juga berperan aktif dalam membangun budaya akademik yang baik.

“Budaya akademik yang baik akan menjadi salah satu faktor pembeda antara satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya,” ujarnya.

Disampaikan, Perguruan tinggi yang hanya fokus dalam knowledge transfer, lambat laun akan semakin tertinggal dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya.

Dijelaskan, saat ini bahan ajar dari berbagai perguruan tinggi terbaik di dunia dapat diperoleh secara lengkap bahkan gratis melalui internet. Namun hal ini tidak mengurangi minat ribuan calon mahasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi tersebut, walaupun mereka harus membayar sangat mahal untuk kuliah disana.

“Apa yang mereka cari ? yang mereka cari adalah kultur pendidikan/ budaya akademik di kampus tersebut yang tidak dapat mereka peroleh melalui buku ataupun belajar secara online.” jelas Rektor UNP ini.

Untuk membangun budaya akademik yang baik pada suatu perguruan tinggi, tambah Prof. Dr. Ganetri, PhD, dibutuhkan proses yang tidak instan. Salah satu syarat yang dibutuhkan untuk mencapai hal tersebut adalah tata kelola perguruan tinggi yang baik. Inilah salah satu alasan UNP menyelenggarakan FGD dengan menghadirkan Dr. Ir. Gendut Suprayitno, MM.

Narasumber Gendut Suparyitno pada kesempatan itu mengungkapkan, tata kelola Perguruan Tinggi yang sehat sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan kepercayaan publik terhadap perguruan tinggi.

FGD ini dihadiri Wakil Rektor, para dekan se-lingkungan UNP, Ketua Lembaga dan Ketua dan Sekretaris Senat, Kepala Biro, Kepala PTIK, para Wakil Dekan , Ketua Jurusan dan Prodi se-lingkungan UNP. (release humas unp/sul/din)

 

Bagikan Berita Ini: