Pergaulan Bebas Remaja Jaman Sekarang

    Dibaca 498 kali

Oleh : Ahmad Suaib

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Ekasakti Padang Sumatera Barat


Melihat jaman sekarang ini, teknologi semakin canggih dan tidak bisa dipungkiri oleh manusia karena globalisasi ini ibaratnya bebas dari segala aspek. Sehingga banyak kebudayaan asing yang masuk di Indonesia sendiri dan itu sangatlah berpengaruh.

Di balik itu, pergaulan juga semakin bebas dan sulit dikendalikan, sehingga sangat mengkhawatirkan khususnya bagi anak remaja, mereka yang berusia 13 tahun sampai 18 tahun.

Bagaimana tidak, pergaulan anak jaman dulu dengan sekarang sangatlah berbeda. Seperti yang kita ketahui, generasi muda adalah tulang punggung bangsa yang diharapkan di masa depan sebagai penerus bangsa.

Pengertian pergaulan bebas, kita sudah tentu mengetahui kalau pergaulan bebas itu adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang/bebas.

Yang dimaksud perilaku menyimpang/bebas itu
adalah sudah melewati batas-batas norma, seperti yang telah kita lihat pergaulan bebas remaja jaman sekarang, memang membuat kita mengelus dada.

Mereka sudah memperlihatkan kepada khalayak luas dan tidak jarang dijumpai pemandangan di tempat umum, para remaja sambil merangkul dengan mesra.

Bahkan sudah bukan rahasia lagi kalau banyak remaja melakukan hal-hal semestinya hanya boleh dilakukan ketika sudah ada ikatan pernikahan.

Pergaualn bebas remaja tersebut seolah terinfeksi dari pergaulan luar atau kebarat- baratan, mereka dengan bebasnya mengekspresikan diri seperti kesenangan dan kebebasan mereka asik clubbing, balap liar, seks bebas dan terjerumus pada narkoba.

Mereka lebih mengarah kepada hal-hal negatif, ingin mencoba tanpa mengetahui efek dari apa yang dilakukan oleh remaja tersebut yang nantinya menambah jumlah dari remaja yang melakukan seks bebas yang bahayanya sangat berdampak kepada penyakit HIV/AIDS di Indonsia yang semakin hari semakin meningkat.

Penyebab atau faktor remaja terjerumus pergaulan bebas itu bisa dipengaruhi oleh kurangnya pengawasan dari orang tua, kurangnya pecerahan agama dan lingkungan pergaulan.

Selain dari tiga faktor tersebut, tentu masih ada faktor lain yang dapat menyebabkan remaja terjerumus pada pergaulan bebas.

Adapun solusi menyelesaikan dari pergaulan bebas tersebut adalah meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, meningkatkan keseimbangan pola hidup dan jujur pada diri sendiri.

Hal yang paling penting sebenarnya, remaja harus menempatkan dirinya sebagai remaja yang baik dan sehat sesuai dengan tuntutan agama dalam kehidupannya.

Bagikan Berita Ini: