STIP Muhammadiyah Sinjai Pamerkan Kreatifitas Mahasiswa di Makassar

    Dibaca 214 kali

 

Citizen Reporter

Laporan : Muh. Ma'ruf 

Aktivis Pers Kampus Universitas Sawerigading Makassar 

 

SINJAI, LATEMMAMALA.COM; Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muhammadiyah Sinjai ikut berpartisipasi dalam pameran dan inovasi perguruan tinggi Ke-11 yang digelar Kopertis wilayah IX Sulawesi pada 6-8 Februari 2018.

Pada kesempatan itu STIP Muhammadiyah Sinjai memasarkan produk dari himpunan mahasiswa yakni keripik hine yang gurih rempahnya dari hasil kebun dan peternakan, serta telur puyuh dan beberapa produk lainnya.

Kepada media, Selasa (06/02/2018) , A. Liswahyuni, S.Pd., M.Si selaku ketua Lembaga Kewirausahaan STIP Muhammadiyah Sinjai menjelaskan, pameran tersebut sangat berpengaruh terhadap calon mahasiswa baru karena diajarkan untuk tidak menjadi PNS juga diajar cara ber UKM dan berwirausaha. 

Ditambahkan juga, upaya yang dilakukan kampus untuk meningkatkan jumlah mahasiswa baru tersebut, yakni; mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah, mengadakan lomba dan kegiatan yang mengundang sekolah serta mengadakan pelatihan pengolahan bagi siswa SMA dan SMK.

Selain itu dijelaskan jika mahasiswa yang kuliah di kampus tersebut bukan hanya berasal dari Kabupaten Sinjai, tetapi dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia, di antaranya; Kalimantan barat, kalimantan timur, kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Mengenai jumlah dosen yang lolos penelitian dan mendapat dana hibah tahun 2018, ada 4 dosen, yakni; 1 dari Prodi MSDP, 1 dari Prodi Peternakan dan 2 dari Prodi Agroteknologi, tandas Alumni S1 UMI ini.

Adapun hal-hal yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah proposal penelitian yakni dengan mewajibkan semua dosen untuk  membuat bank proposal yang sesuai dengan disiplin ilmunya. 

Jadi setiap ada pemintaan untuk memasukkan proposal dari kemenristek dikti dan Pemda Sinjai,  dosen sudah siap, selain itu kampus juga menyediakan dana penelitian di setiap prodi, ucap Magister Ilmu Perikanan PPs-Unhas tersebut.

Selain menjabat sebagai ketua Lembaga kewirausahaan, A. Liswahyuni juga aktif di lembaga pemberdayaan masyarakat pesisir dan pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pengabdian Masyarakat STIP Muhammadiyah Sinjai.

 

Bagikan Berita Ini: