83 Mahasiswa Fakultas Pertanian UNES Fild Trip di PT Mutiara Agam

    Dibaca 138 kali

Pimpinan PT. Mutiara Agam diwakili Suhari tengah memberikan penjelasan kondisi lapangan kepada Mahasiswa Field Trip dan Dekan Fakultas Pertanian Unes. (foto : dokumen unes)

 


LUBUK BASUNG, LATEMMAMALA.COM; -- Sebanyak 83 orang mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti (UNES) Padang melakukan Field Trip (Praktek Lapangan) di PT. Mutiara Agam Lubuk Basung, didampingi Dekan Fakultas Pertanian UNES Dr. Ir. I. Ketut Budaraga, M.S dan Dosen Fakultas tersebut Prima Novia, Bustari Badal, Yurnalis, Herda Gusvita dan Levy Hermalena.

Dekan, Dosen pendamping dan Mahasiswa itu diterima Pimpinan PT. Mutiara Agam diwakili Suhari, Safril dan Tim yang akan mendampingi Mahasiswa selama Fileld Trip di PT. Mutiara Agam tersebut, Rabu lalu, 21 Pebruari 2018 di ruang Pimpinan PT. Mutiara Agam.

Suhari menyebutkan pihaknya sangat senang dan bersyukur atas kunjungan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti Padang dan pihaknya bisa memperoleh masukan, dan terbuka menerima kunjungan dari Perguruan Tinggi melihat kondisi riil pekerjaan lapangan.

Dikatakan, Pengenalan budidaya sawit mulai pembibitan, pemeliharaan, aspek menejemen sampai pengelolaan sawit menjadi CPO, ujar Suhari.

Kepada mahasiswa, Suhari mengharapkan, dalam kunjungan lapangan nanti harus mematuhi peraturan-peraturan yang ada di lapangan seperti menjaga keselamatan dalam pabrik, memakai peralatan pengamanan dengan sitem shift agar lebih efektif.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Ekasakti Padang I Ketut Budarga menyebutkan kunjungan lapangan ini untuk memantapkan teori yang diperoleh di bangku kuliah, memperoleh pengalaman praktis tidak diperoleh dalam teori dan mahasiswa dapat melihat dunia kerja sesungguhnya.

Kadang kala materi yang diajarkan dalam kelas, tambah I Ketut Budarga, terasa kurang, untuk menyeimbanginya perlu dilakukan kunjungan lapangan.

Kepada Mahasiswa yang terdiri dari Prodi Agroteknologi, Prodi Agribisnis dan Prodi Teknologi Hasil Pertanian yang melakukan Field Trip ini, I Ketut Budaraga mengharapkan, selesai kunjungan lapangan ini agar membuat laporan per kelompok sesuai dengan bidang mata kuliahnya.

Eva Susanti mahasiswa Prodi Teknologi Hasil Pertanian mengungkapkan, dirinya merasa senang dengan adanya kunjungan lapangan ini, karena selain pengalaman praktis yang selama ini tidak didapatkan di bangku kuliah, juga dapat diperoleh bekal dalam membuat topik-topik penelitian yang akan dilakukan dalam tugas akhir dan termasuk informasi awal mencari tempat magang.

Kepada Fakultas Eva pun berharap agar membanyak kunjungan ke lapangan, karena ilmu bidang pertanian tidak cukup dengan teori saja, harus diterapkan di lapangan dan mengetahui permasalahan di lapangan.

Demikian, dari ruang Pimpinan PT. Mutiara Agam di Lubuk Basung, Rabu, 21 Pebruari 2018, Ka Humas UNES Padang, H. Syarifuddin, SE, M.Hum, memberitakan. (ibnu sultan/din)

 

Bagikan Berita Ini: