Berbaur dengan Masyarakat, Mahasiswa Akbid Makassar Laksanakan Kegiatan PKL

    Dibaca 257 kali

 


MAROS, LATEMMAMALA.COM; -- Lekopancing, salah satu desa yang ada di wilayah Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros. Akhir - akhir ini, dinamika pemerintahan dan masyarakatnya tampak tetap bersemangat dalam melaksanakan kegiatan - kegiatan, selain berguna bagi diri sendiri juga bagi masyarakat desa setempat.

Soalnya, sejak datangnya mahasiswa yang melaksanakan program perkuliahannya di desa tersebut, dengan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari Akademi Kebidanan (Akbid) Muhammadiyah Makassar, terlihat mahasiswa berbaur dengan masyarakat setempat. Sejak awal mereka disambut baik oleh masyarakat sehingga memudahkan keempat belas (14) mahasisiwa yang ditempatkan di desa itu dengan mudah melaksanakan koordinasi, baik kepada pemerintah, tokoh masyarakat maupun tokoh pemuda dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan Program Kerja yang telah ditetapkan bersama mahasiswa PKL Posko I di desa tersebut.

Hal tersebut dikatakan oleh Indi Rahayu, salah satu di antara 54 mahasiswa Akbid Muhammadiyah Makassar yang sedang melaksanakan PKL di Kabupaten Maros. Indi, panggilan akrab Indi Rahayu, salah satu di antara 14 mahasiswa PKL tersebut yang ditempatkan di Desa Lekopancing Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros.

Mereka akan berada di desa tersebut selama kurang lebih dua minggu dimulai pada pelepasan tanggal 15 Pebruari hingga penarikan tanggal 1 Maret 2018.

Sejak berada di desa tersebut, menurut Indi, beberapa kegiatan yang dilaksanakan, antara lain;

Minggu, 25 Pebruari 2018,

- Senam Pagi TK Kelompok Bermain Melatih Dusun Cendana

- Bakti Sosial (Baksos) di Masjid Miftahul Khair Dian Cendana

- Pembagian Sembako kepada Masyarakat di Kantor Desa Lekopancing

Senin, 26 Pebruari 2018P

- PenyuluhanKesehatan tentang Cara Mencuci Tangan serta Etika Bersin dan Batuk di SD Inpres 117 Kurusumange.

Diketahui, PKL mahasiswa Akbid Muhammadiyah Makassar dilaksanakan setiap tahun dengan menempatkan mereka di desa - desa.

Akademi Kebidanan Muhammadiyah Makassar ini, salah satu Perguruan Tinggi swasta di Negeri Tercinta ini, dikelola oleh Dikti dan termasuk ke dalam kopertis wilayah setempat, dengan Program Studi Kebidanan.

Perguruan Tinggi ini telah ada semenjak, 23 Desember 1999 dengan Nomor SK PT 2540 DT 2007 dan Tanggal SK PT 24 Agustus 2007.

Akademi ini berlokasi di Jl. Pettarani II No. 31 Makassar, Sulawesi Selatan.

Demikian, dari Desa Lekopancing Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros Sulawesi Selatan, Senin, 26 Pebruari 2018,  Indi Rahayu, mahasiswa Akbid Muhammadiyah Makassar, melaporkan. (din)

 

 

Bagikan Berita Ini: