45 Mahasiswa UNP Ikuti Pertukaran Mahasiswa Permata 2018

    Dibaca 112 kali

 

PADANG, LATEMMAMALA.COM; -- Berbekal dana bantuan Pertukaran Mahasiswa Tanah Air (Permata), sebanyak 45 orang mahasiswa dari berbagai program studi Kependidikan dari delapan fakultas dilingkungan Unviersitas Negeri merasakan fasiltas pendidikan dan suasana akademik di perguruan tinggi lain.

Proses belajar mengajar mungkin sama dengan UNP, tapi jika mengikuti Program Permata diwajibkan mempelajari adat istiadat, budaya, dan kahrakteristik masyarakat di lingkungan PT penerima baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur, karena mahasiswa Permata juga akan dinilai pemahaman wawasan kebangsaan peserta Program Permata lainya.

"Banyak hal yang akan kalian dapatkan selama mengikuti program Permata nanti, mulai dari bisa jalan – jalan di Provinsi PT tujuan sampai bisa ikut belajar dengan teman – teman yang berbeda budaya hingga kebiasaan, walaupun berbeda suku bangsa dan bahasa. Untuk itu 45 Mahasiswa UNP yang ikut program Permata membuat laporannya, apa kelebihan dan kekurangan PT yang dituju," ujar Rektor UNP, Prof. Ganefri, PhD dalam sambutannya saat melepas 45 Mahasiswa yang mengikuti Program Transfer Kredit antar LPTK 2018 di Lantai IV Ruang Sidang Senat Gedung Rectorate and Research Center, Kampus UNP, Air Tawar, Padang, Selasa (27/2).

Rektor Ganefri menjelaskan, UNP mendukung program kerja dan rencana strategis tahun 2018, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti, khususnya program PERMATA dengan tujuan untuk membangun dan memperkuat nasionalisme mahasiswa, meningkatkan komunikasi mahasiswa lintas perguruan tinggi dan lintas budaya, serta memberi kesempatan mahasiswa mengambil perkuliahan di perguruan tinggi yang memiliki keunggulan dan kekhasan keilmuan tertentu dengan bidang ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa yang bersangkutan.

"Alhamdulillah kuota UNP untuk Program PERMATA dapat 45 orang. Selamat jalan, semoga wawasan kebangsaan lebih meningkat mengikuti program ini,"ujar Rektor Ganefri.

Sementara itu Wakil Rektor IV UNP, Prof Syahrial Bakhtiar merinci, 45 Mahasiswa UNP yang mengikuti program Permata itu, di antaranya; ada yang ke UNIMED, UNJ, UNESA, UNY, UPI dan lain sebagainya.

"Mereka kuliah satu semester di PT yang menjadi tujuan, terhitung bulan Ferbuari hingga akhir Juli 2018 mendatang, artinya selama semester genap ini 45 mahasiswa UNP kuliah di LPTK lain," imbuh Prof. Syahrial.

Turut hadir dalam acara keberangkatan mahasiswa Permata UNP itu, Wakil Rektor I, Prof Yunia Wardi, WR III Prof Ardipal serta Kabiro BAK, Azhari Suwir, SE. (rilis humas unp/sul/din)

 

 

Bagikan Berita Ini: