Dr. H. Muh. Ilham, M.Pd: Hidup dalam Lingkungan Keluarga Tegas, Disiplin dan Religius

    Dibaca 162 kali

 

Citizen Reporter

Laporan : Aisyah Nur Annisa dan Rezki Palilati

Mahasiswa KPI-A 016 FDK UINAM

 
MAKASSAR, LATEMMAMALA.COM; -- Hidup dalam lingkungan keluarga yang keras dengan didikan religius telah mengajarkan bentuk kedisiplinan yang tinggi.

Selain itu juga berakhlak, serta bentuk didikan dalam menghargai waktu. Itulah beberapa hal didapatkan dari kedua orang tuanya.

Demikian dikemukakan, Sekretaris Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) UINAM,  Dr. H. Muh. Ilham, M.Pd di ruang kerjanya, Senin (23/10/2017),

Muh. Ilham,  lahir 14 Juni 1962 di Dusun Lembang Desa Pau Kec. Gowa Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan yang terbilang jauh dari perkotaan.

Dari kecil ia telah diajar keras bangun di pagi-pagi buta, belajar, dan beribadah. Seringkali sebelum tidur ia selalu didongengkan oleh orang tuanya.

Dulu sering diceritakan setiap jam 5 pagi itu, akan akan ada orang yang berkeliling kampung membagikan rezeki, jadi kalau tidak bangun cepat, rezekinya juga tidak akan dapat.

‘’Inilah salah satu hal yang paling berkesan dalam diri saya, dan alhamdulillah dengan ini saya bisa terdorong untuk bangun di awal waktu," ujarnya.

Muh. Ilham berasal dari keluarga  kurang mampu, namun karena dilandasi  semangat kuat disertai dukungan dari pihak keluarga, akhirnya dia dapat menyelesaikan pendidikan di tingkat SD, Tsanawiyah dan SMA.

Dia juga pernah mendaftar di sekolah wajib militer Ajendam VII Wirabuana, hasilnya, ia lulus, tetapi perjuangan berkecimpun di sekolah wajib militer tersebut kandas ketika proses tes selanjutnya gugur di Jakarta.

Jenjang pendidikan  tinggi, meraih gelar sarjana S1 IAIN  Alauddin Makassar konsentrasi  dakwah. Gelar S2 di UNM  mengambil konsentrasi sosiologi, dan gelar S3 di UIN Alauddin berkonsentrasi  pendidikan dan keguruan.

Selama jenjang perguruan tinggi, ia juga termasuk salah satu aktivis kampus. Ia bergelut dalam organisasi baik intrakulikuler maupun ekstrakulikuler.

Beberapa organisasi  pernah aktif,  di antaranya; Menwa, HMI, AMPI, KNPI. Sekarangpun ia menduduki jabatan sebagai Ketua Kerukunan Keluarga Kecamatan Tombo Pao.

Kerja keras selama ini sehingga telah memiliki pengalaman beberapa kali keluar negeri, negara yang pernah dikunjungi di antaranya; Malaysia,  Canada dan Jerman.

Ia juga memiliki karya tulis berupa buku, berjudul, "Islam dan Budaya Local," diterbitkan 2007.

Bahkan masih banyak lagi karyanya masih dalam proses penerbitan, salah satu di antaranya, berjudul, "Islam dan Perubahan Sosial di Gowa Abad XVII."

 

Bagikan Berita Ini: