Kemenristekdikti Gelar Empat Agenda Nasional di Makassar

    Dibaca 169 kali

 

 

MAKASSAR, LATEMMAMALA.COM; -- Kegiatan skala nasional dari Kemenristekdikti RI ditempatkan di Makassar sudah terlaksana empat jenis kegiatan. Acara itu melibatkan berbagai kalangan yang datang dari seluruh Indonesia.

Menristekdikti RI, Mohamad Nasir pada sambutan pembukaan Bulan Mutu Nasional, di Hotel Clarion Makassar, Selasa (24/10/2017) mengatakan, paling tidak ada empat agenda nasional ditempatkan di Makassar.

Agenda pertama adalah puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 10 Agustus 2017 di CPI, kedua, Pekan Ilmiah Mahasiswa 23-27 Agustus 2027 di Kampus UMI Makassar, ketiga, Pekan Olahraga Mahasiswa di Kampus Unhas, (21/10/2017).

Keempat adalah, rangkaian Bulan Mutu Nasional diselenggarakan Badan Standarisasi Nasional (BSN), Komite Akreditasi Nasional serta Mutu Nasional. Pilihan kepada Makassar, karena menjadi pintu gerbang pembangunan di Kawasan Timur Indonesia.

Mohamad Nasir juga menekankan pada pimpinan Perguruan Tinggi, senantiasa memperhatikan dan menjaga mutu dan kwalitas. Kampus yang tidak menjaga mutu akan ditinggalkan masyarakat dan memilih perguruan yang bermutu.

Mutu menjadi masalah penting dan menjadi pemenang dalam proses persaingan pasar. Produk apa pun akan sulit bersaing di pasar global jika tidak memperhatikan mutu.

BSN  juga diminta oleh Menristekdikti untuk tidak membuat aturan yang berliku-liku kemudian pengusaha kecil dan menengah di daerah sulit mendapatkan standarisasi dari produksi yang dipasarkan.

Usai pembukaan acara dilanjutkan seminar dan diskusi, Standar untuk Kota Lebih Smart dengan mendatangkan empat pembicara dengan peserta dari berbagai kalangan yang terkait dengan standar kualitas mutu.

Menristekdikti juga sempat mengunjungi lokasi Pameran Indonesia Quality Expo ke-5, didampingi Kepala BSN, Prof. Dr. Bambang Prasetya, M.Sc, Dirjen Penguatan Inovasi, Jumain Appe, Gubernur Sulsel diwakili Asisten I Kantor Gubernur, Dr. H. Ruslan Abu, S.H., M.H serta beberapa rektor PTN dan PTS. (yahya)

 

Bagikan Berita Ini: